CAMPUS TRIP YOGYAKARTA SMA PRESTASI PRIMA TP 2023/2024

Sangat penting bagi siswa/i Sekolah Menengah tingkat Akhir untuk mulai mempersiapkan dirinya dengan matang sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, Sekolah Prestasi Prima turut berperan dalam rangka mendukung para siswa/i dengan memberikan pembekalan melalui program Study Tour. 

Study Tour adalah salah satu kegiatan diluar kelas ataupun lingkungan sekolah yang dipadukan dengan rekreasi/wisata agar siswa dapat berinteraksi dengan dunia luar. Sekolah Prestasi Prima melaksanakan program Study Tour ke Kota Yogyakarta pada 11-14 Desember 2023. Study Tour ini pun dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu kegiatan Campus Tour bagi para siswa SMA dan kegiatan Kunjungan Industri akan diikuti oleh para siswa SMK. (pihak sekolah yang ikut serta)

Campus Trip merupakan kegiatan dengan mengunjungi beberapa Universitas dalam rangka memperkenalkankan secara langsung tentang  lingkungan kampus kepada para siswa dan kegiatan ini dapat membantu mereka dalam memutuskan, apakah itu cocok untuk mereka. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i kelas XI SMA Prestasi Prima. 

Berikut beberapa kampus di Yogyakarta yang menjadi tujuan dari kegiatan Campus Tour ini, yakni Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan ini meliputi jalan-jalan di sekitar kampus, kunjungan ke fasilitas kampus, dan penyampaian seputar kampus seperti prosedur penerimaan dan pembelajaran. Dengan ini, diharapkan untuk para siswa mendapat gambaran tentang dunia perkuliahan dan mulai mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang mahasiswa. 

Tidak hanya itu saja, ada banyak kegiatan seru lainnya yang dilakukan para siswa/i Sekolah Prestasi Prima selama di Jogja. Yaitu wisata Tebing Breksi, Wisata Sejarah Candi Borobudur, Merapi tour, dan hari terakhir ditutup dengan membeli oleh-oleh di Wisata pusat Oleh-Oleh Bandara Jaya 25

Para siswa mengakui bahwa perjalanan mereka selama empat hari tersebut sangat bermanfaat dan menyenangkan. Mereka sangat menikmati kegiatan di setiap tempat yang dikunjungi dan mampu meningkatkan kekompakan bersama dengan teman-teman lainnya. Pihak sekolah juga mengharapkan para siswa mampu memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran melalui pengalaman langsung, mengaitkan teori dengan praktik di lapangan, dan memperluas wawasan mereka melalui eksplorasi ke tempat-tempat terkait. Tujuan kegiatan ini pun sejalan dengan sebuah ungkapan yang dicetuskan oleh seorang tokoh bernama Immanuel Kant, yakni “Pengalaman tanpa teori itu buta, tapi teori tanpa pengalaman lebih merupakan permainan intelektual.”

dokumentasi :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top